Mengapa Kita Cegukan???

Pertanyaan ini mungkin masih sering terbesit dipikiran anda . Saya punya beberapa penjelasan mengenai cegukan . Cegukan adalah kejang mendadak dalam diafragma , yaitu otot besar mirip lembaran di antara dada dan perut yang mengontrol pernapasan . Penyebab cegukan bermacam-macam , seperti mencerna atau makan terlalu cepat . Jika makan terlalu cepat , kita akan menelan udara bersama dengan makanan , dan kemudia tubuh menghembuskan udara ini dalam bentuk cegukan . Selain itu , cegukan juga bisa disebabkan oleh iritasi saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma . Suara “hik” yang dihasilkan disebabkan oleh pita suara yang menutup setelah setiap tarikan napas yang pendek dan mendadak .

Ada berbagai cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan cegukan , seperti menahan napas , minum air dari sisi gelas yang berlainan , minum cuka , menaruh gula diatas lidah , mengigit lemon , atau dibikin kaget . Beberapa metode tersebut kadang-kadang bisa melenyapkan cegukan , tetapi penyebabnya belum jelas .

Pria Amerika bernama Charles Osborne mulai cegukan pada tahun 1922 , dan tetap cegukan selama 68 tahun . Cegukan itu baru berhenti secara misterius pada tahun 1990 . Cegukan tersebut tidak menghalanginya untuk menikmati kehidupan . Dia menikah dua kali dan punya delapan anak .

Sumber : wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s